Hendi Jadi Kepala LKPP, Gibran Gantikan Ganjar Jadi Jateng 1

Gibran

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendapat posisi baru sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) masa jabatan 2022-2027. Sedangkan elektabilitas Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah (Jateng) paling tinggi.

Pelantikan pria yang akrab disapa Hendi itu secara resmi dilaksanakan pada Senin, 10 Oktober 2022. Jabatan setingkat menteri tersebut Secara otomotis mengharuskan Hendi untuk menanggalkan jabatannya sebagai wali kota.

Di sisi lain, Charta Politika Indonesia mengumumkan hasil survei preferensi sosial dan politik masyarakat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022. Hasil survey cukup mengejutkan, yaitu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapat elektabilitas paling tinggi di Jateng.

Menurut survey tersebut, peluang Gibran menjadi Jateng 1 adalah 37,7 persen. Persentase putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu unggul jauh dibandingkan tokoh lainnya.

"Gibran Rakabuming Raka menjadi pilihan responden tertinggi sebagai kepala daerah Jawa Tengah dengan hasil survei 37,7 persen," ucap Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya lewat keterangan secara tertulis, Kamis, 13 Oktober 2022.

Setelah Gibran, nama lain yang diunggulkan sebagai Gubernur Jateng adalah Taj Yasin Maimoen dengan 12,5 persen. Kemudian, Hendrar Prihadi dengan 7,7 persen, FX Hadi Rudyatmo dengan 4,7 persen, Achmad Husein dengan 3,7 persen, Sudirman Said dengan 3,1 persen, Rustriningsih sebanyak 2,2 persen, dan Komjen Condro Kirono dengan 0,5 persen. 

Dari hasil survey itu telah menunjukan jika pemilihan Gubernur Jateng 2024 dilaksanakan saat ini maka dipastikan Gibran yang akan memenangkan kontestasi politik tersebut.

Survei tersebut dilaksanakan pada 20 sampai 27 September 2022 dengan metode wawancara tatap muka. Respondennya sebanyak 1200 responden dengan memakai multistage random sampling dengan wilayah survei seluruh PSU: Kelurahan/Desa. Margin of error dari survey Charta Politika ini adalah 2.83 persen.

Bukan Hendi yang Jadi Jateng 1

Penempatan posisi baru setingkat menteri bagi Hendrar Prihadi dan hasil survey tersebut menjawab spekulasi tentang jabatan selanjutnya wali kota Semarang itu.

Sebelumnya, masyarakat Semarang mengira Hendi akan maju sebagai Jateng 1 menggantikan Ganjar Pranowo. Hal itu diungkapkan oleh Bambang (45 tahun).

"Saya kira Pak Hendi akan jadi Gubernur Jateng, tapi ternyata peluang Gibran sekarang sangat tinggi," ujar pria yang berprofesi sebagai security pabrik tersebut.

Inung (35 tahun) melihat saat ini posisi Hendi malah lebih bagus.

"Jabatan kepala LKPP itu malah lebih bagus di pusat [Jakarta], daripada Pak Hendi masih di daerah," kata pengusaha kuliner di Semarang Selatan itu. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form