7 Tips Agar Sepanjang Hari Jadi Indah

Hari yang Indah

Saat Anda bangun pagi, tentu Anda berharap agar saat itu menjadi indah sepanjang hari. Sebenarnya, Anda tidak perlu berharap untuk itu, tapi mengupayakannya.

Sepanjang hari yang indah bisa kita ciptakan hanya dengan sedikit upaya dan gratis. David Rakel, MD, Direktur Program Pengobatan Integratif di University of Wisconsin telah melakukan penelitian yang cukup lama dalam hal itu

Menurutnya, hari yang indah itu artinya tubuh dan pikiran Anda bekerja secara maksimal. Selain itu, perasaan Anda secara umum akan merasa sejahtera.

Berikut ini 7 tips untuk mendapatkan sepanjang hari yang indah dari Rakel seperti dilansir dari media kesehatan webmd.com, yaitu:

1. Mendapatkan sinar matahari.

Sinar matahari merangsang serotonin kimia otak, yang Mampu membantu Anda merasa bahagia. Hasil penelitian Rakel menyatakan, berolah raga di bawah sinar matahari, bisa menjadi obat untuk mengatasi dan mencegah depresi ringan hingga sedang.

2. Pola tidur yang cukup.

Saat malam hari, otak akan menghasilkan hormon melatonin yang membantu kita mengantuk. Aktivitas di siang hari juga membantu meningkatkan kadar melatonin sehingga bisa membuat tidur kita menjadi nyenyak. 

3. Pola Makan Sehat

Sebaiknya sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian bisa lebih dominan dalam makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Dengan begitu, aliran insulin dalam tubuh Anda akan lebih lancar sehingga kadar gula darah akan turun. 

4. Selalu Fokus untuk hari ini.

Rakel mengatakan, "Jika kita mampu belajar mengenali kekacauan yang ada dalam pikiran kita dan belajar untuk lebih memperhatikannya, itu bisa menjadi aset luar biasa bagi kita untuk merasa selalu sejahtera." Rasa cemas seperti penyesalan tentang masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan akan membuat perasaan menjadi kacau.

Berikut ini latihan yang disebut mindfulness yang bisa membantu Anda mengurangi rasa cemas dan tetap fokus untuk saat ini, yaitu: 

- Perhatikan warna, suara, dan aroma yang mengelilingi Anda pada waktu tertentu.

- Perhatikan tarikan napas Anda masuk dan keluar dari dalam tubuh selama beberapa saat.

- Saat rasa khawatir muncul, biarkan itu mengalir keluar dari pikiran. Anda tidak perlu memperhatikan dan memikirkannya.

5. Cobalah untuk tetap positif.

Menurut Rakel, pada 2 orang yang mengalami peristiwa yang sama, yang satu memandangnya sebagai hal positif dan yang lain memandangnya sebagai hal yang negatif. Agar bebas dari rasa cemas dan depresi, Anda hanya perlu mencoba melihat sisi baik dari orang-orang di sekitar Anda.

6. Aktivitas spiritual.

Definisi aktivitas spiritual menurut Rakel adalah meluangkan waktu untuk berpikir "apa yang memberi makna dan tujuan hidup Anda." Itu bisa berupa melakukan ritual sesuai agamanya, menikmati alam, atau menghabiskan waktu dengan orang tercinta. Menemukan makna dan tujuan hidup Anda akan membuat kita merasa lebih baik. 

7. Berkumpul dengan orang-orang.

Bertemu orang-orang yang mendukung kita, baik keluarga, teman, rekan kerja, dan orang lain yang peduli akan dapat membantu kita tetap sehat, mengurangi stres, dan bahkan hidup lebih lama. Anda perlu menghabiskan waktu dengan orang-orang ini secara teratur dan juga berusaha menjaga hubungan tetap harmonis.[Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form