Kelebihan dan Kekurangan Pakai Kartu SIM Baru eSIM

eSIM


eSIM Pengganti Kartu SIM Terbaru 

SIM Card atau kartu SIM adalah kartu kecil yang ditaruh di telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Kini hadir generasi baru SIM Card yang lebih canggih bernama eSIM.

SIM sendiri singkatan subscriber identity module. Seiring dengan kecanggihan teknologi komunikasi, kini hadir SIM Card baru bernama eSIM yang semakin memudahkan pengguna.

Sebagaimana teknologi baru, eSIM memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya.

Baca Juga: Deretan Ponsel Bisa Gunakan DIM Card Canggih eSIM

Kelebihan dan Kekurangan eSIM

Berikut ini kelebihaan menggunakan eSIM, disadur oleh situs informasi bisnis dan beria online Benhil dari beberapa sumber terbaik yang banyak mengulas tentan teknologi yang kekinian.

1. Bebas Roaming di Luar Negeri 

Pengguna eSIM yang sering bepergian ke luar negeri akan dimudahkan karena menyediakan layanan paket data internasional. Dengan eSIM, Anda bisa membeli paket data internasional sehingga tidak perlu khawatir dengan biaya roaming saat berada di luar negeri, baik untuk urusan bisnis atau perjalanan wisata dan ibadah (umroh dan haji). Apalagi paket tersebut telah tersedia secara daring.

2. Bisa Menyimpan Data di Cloud 

Bagi Anda yang pernah punya pengalaman ponselnya tiba-tiba rusak dan harus ganti ponsel, tentu sangat menjengkelkan dengan data-data yang tertinggal di ponsel lama, bukan? Itu tidak bakal terjadi kalau menggunakan eSIM karena kartu ini langsung menyimpan data di cloud.

Karena langsung terhubung ke cloud, jadi tidak mempengaruhi kapasitas penyimpanan ponsel. Jika ganti ponsel, mereka bisa langsung mengunduh data tanpa tercecer sedikitpun. Data-data penting, nomor kontak, dan foto-foto bisa langsung tersimpan di ponsel baru, apakah itu iPhone besutan Apple dengan iOS yang dikembangkan oleh Steve Jobs. Maupun gawai (gadget) Android yang diberdayakan dengan teknologi Google dengan berbagai merek.

3. Bisa Mengaktifkan Beberapa Nomor 

Ponsel yang memakai eSIM bisa digunakan bersamaan secara praktis. Pengguna bisa mengatur data pribadi dan pekerjaan. Bahkan, ponsel juga bisa menggunakan eSIM bersama dengan kartu SIM fisik dan mengatur seluruh data yang tersimpan di perangkat selular.

4. Mudah Dipasang

Jika menggunakan SIM Card, Anda perlu memasukan kartu fisik dengan penuh kehati-hatian dari ponsel lama ke dalam ponsel baru. Jika ceroboh, kartu SIM bisa rusak atau tergores. Proses tersebut tidak berlaku untuk eSIM.

Saat menggunakan eSIM, Anda hanya perlu memindai kode QR (Code Generator) yang disediakan oleh penyelenggara jaringan seluler Anda. Ada beberapa operator selular Indonesia, sebaiknya cari tau perusahaan mana yang telah siap dengan teknologi ini, apakah Telkomsel, Indosat, Axis, XL serta Smartfriend Telecom yang terlihat memelopori penggunaannya di nusantara. Beberapa jaringan mungkin mengharuskan pengguna untuk memasukkan nomor PIN (Personal Identification Number). 

Baca Juga: Dengan eSIM Bebas Roaming di Luar Negeri

Sedangkan kekurangan eSIM Adalah

1. Butuh Waktu Aktivasi

Ponsel yang menggunakan eSIM tidak bisa langsung dioperasikan. Butuh waktu sekitar 15 menit setelah proses pemindaian. Berbeda dengan kartu SIM fisik yang bisa langsung aktif saat dimasukan ke ponsel.

2. Mudah Dilacak

Pengguna ponsel yang menjaga privasi bisa dengan mudah melepas SIM Card fisik dari ponsel untuk mencegah jaringan seluler melacak keberadaan mereka. Namun, karena eSIM tidak dapat dihapus dan tertanam dalam perangkat, ponsel pengguna eSIM akan terus aktif di jaringan operator mereka, dan lebih mudah dilacak. 

Untuk negara yang melindungi warga negaranya, itu tidak masalah. Namun bagi pemerintah yang otoriter dan menganiaya warga negaranya, ponsel yang mudah dilacak itu bisa menjadi masalah besar.

3. Rentan Peretasan

Secara keamanan pribadi, eSIM sebenarnya relatif sangat aman karena tidak dapat dihapus dan ditempatkan di perangkat lain yang diprogram dengan verifikasi. Kondisi tersebut sangat menyulitkan bagi mereka yang berniat jahat. Namun lain cerita kalau yang diretas adalah operator seluler nya. Pencuri data akan dengan mudah mendapat informasi dari operator tersebut.

Tetaplah ikuti perkembangan teknologi dan gadget yang kekinian melalui Benhil, saat ini mengulas informasi segar dan menarik tentang eSIM. [Benhil]

Baca Juga: eSIM, SIM Card Modern Bisa Simpan Data di Cloud


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form