Libur Hari Raya Idul Fitri 2022 atau libur Lebaran hampir tiba. Bagi yang punya rencana mudik tapi masih bingung menentukan tempat atau kota mana yang bisa disinggahi untuk melepas lelah, maka tidak ada salahnya untuk memilih kota Semarang.  

 

Kenapa Semarang? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan pembaca sekalian, kenapa harus memilih ibu kota Jawa Tengah itu sebagai tempat berlibur saat lebaran? Jawabannya adalah karena Semarang adalah kota yang sangat strategis.

 

Kita merekomendasikan kota di utara Pulau Jawa ini karena banyak hal menarik yang mungkin belum diketahui oleh pembaca. Bahkan dengan berlibur satu hari saja, Anda bisa menikmati banyak hal di Semarang.

 

Berikut ini 8 hal menarik tentang Semarang yang bisa dinikmati saat libur Lebaran, yaitu:

1. Kota Transit

Semarang bisa menjadi kota transit bagi pemudik Lebaran yang berasal dari kota-kota kecil di sekitarnya seperti; Purwodadi, Cepu, Pati, Blora, Ambarawa, dan lain-lain. Alih-alih, bingung mencari penginapan di kota tujuan, mereka bisa transit di Semarang, untuk kemudian esoknya melanjutkan perjalanan.

 

Atau sebaliknya, pemudik bisa berkunjung ke kota tujuan dulu, untuk kemudian melepas lelah di Semarang.

 

2. Terdapat Banyak Tempat Wisata

Meski kota besar, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata, baik bangunan bersejarah atau pemandangan alam yang indah. Tempat wisata di kota yang terkenal dengan kuliner Lumpia tersebut adalah Lawang Sewu, Kota Lama, Kelenteng Sam Poo Kong, Pantai marina, Candi Gedong Songo, dan masih banyak lagi.

 

3. Tersedia Hotel dari Bintang 5 sampai Tarif Ringan  

Di kota besar urutan ke-5 ini tersedia banyak hotel dan penginapan dari kelas bintang 5, hotel menengah, dan hotel kecil serta losmen-losmen dengan tarif merakyat.

 

Bahkan sebelum kebakaran, di sekitar Pasar Johar terdapat penginapan super murah berbentuk barak yang diperuntukan bagi pedagang yang berasal dari luar kota. Ingin tahu berapa tarif penginapan tersebut? Rp 5 ribu permalam!

 

4. Kuliner Paling Enak

Seorang influencer media sosial Kang H Idea atau Hasanudin Abdurakhman pernah memposting kalimat, “kuliner paling enak itu di Semarang. Mau debat? Ayo.”

 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pegiat media sosial dari ibu kota, Nana Padmosaputra yang apabila berada di Semarang selalu menampilkan foto-foto serunya wisata kuliner yang dia sedang nikmati.

 

Semarang memang memiliki aneka kuliner paling enak dibandingkan kota-kota besar lain. Beberapa makanan khas Semarang adalah tahu pong, nasi ayam, babat gongso, soto Semarang, lumpia, wingko babat, kue moaci, dan lain-lain.  

 

5. Tidak Macet

Kota dengan jumlah penduduk sekitar 1,5 juta jiwa itu relatif jarang macet, bahkan saat jam sibuk. Meski perkembangan perekonomian maju pesat, namun tidak semua orang yang memiliki mobil tertarik untuk mengendarai kendaraan roda 4 tersebut ke tempat kerja.

 

Beberapa daerah satelit di Semarang, seperti Banyumanik dan Mijen juga mampu mengurangi kesibukan di pusat kota.

 

6. Aman dan Tertib

Hampir semua wilayah di Semarang aman untuk dikunjungi. Penduduknya juga termasuk tertib di tempat umum. Meski bukan kota pariwisata, orang Semarang (yang mayoritas suku Jawa) selalu menyambut baik pendatang. Wisatawan bisa bersantai di mana saja selama 24 jam.

 

7. Dekat Airport

Salah satu hal yang menyenangkan di Semarang adalah akses yang mudah dan dekat dengan Airport atau Bandara Ahmad Yani. Bandara yang terdapat di ujung utara kota tersebut bisa dijangkau hanya dalam waktu kurang dari 20 menit karena terdapat akses jalan Tol untuk menuju ke sana.

 

8. Terhubung dengan Tol Trans Jawa

Kota bergaris pantai Laut Jawa ini terhubung dengan Tol Trans Jawa. Dari Semarang ke Jakarta hanya memakan waktu 4 jam. Sedangkan dari Semarang ke Surabaya bisa dipersingkat menjadi 3 jam lewat jalan tol.

 

Demikian hal-hal istimewa yang terdapat di Semarang. Libur Lebaran Anda tidak akan sia-sia selama berada di kota yang menyenangkan ini. [Benhil]

All rights reserved, Copyright © 2022 www.benhil.net. Powered by Blogger.