Dalam minggu ini banyak pegawai yang bakal menerima uang THR (tunjangan hari raya) dari kantor atau tempat mereka bekerja. Uang di luar gaji tersebut biasanya dibelikan untuk kebutuhan lebaran seperti baju, serta aneka makanan dan minuman

 

THR juga dipakai untuk keperluan mudik ke kampung halaman selama libur lebaran. Mereka yang dari kota biasanya membagi-bagikan uang ke sanak keluarga di kampung karena mereka yang bekerja di kota sudah dianggap punya banyak uang.

 

Tidak bisa dipungkiri, THR sudah ditunggu-tunggu oleh banyak pegawai beberapa bulan sebelum menerimanya. Mereka biasanya sudah punya rencana atau angan-angan akan digunakan untuk keperluan apa saja dan berapa sisanya.

 

Namun perlu diwaspadai, beberapa pengeluaran yang tidak direncanakan bisa menghabiskan uang lebaran itu sebelum hari H. Jangan sampai Anda melihat teman-teman bersenang-senang dengan uang THR, sedangkan Anda sudah bokek duluan.

 

Hal apa saja yang menyebabkan uang THR habis duluan? Berikut ini penyebabnya:

1. Ganti Telepon Baru

Telepon yang teknologinya selalu berubah memang membuat pengguna tergiur untuk memiliki yang terbaru, tanpa perduli dengan fungsi utamanya. Padahal untuk belanja telepon pintar bisa menghabiskan 2/3 dari THR yang diterima.

 

Jika tidak bisa mengekang keinginan memiliki telepon keluaran terakhir, dipastikan saat lebaran dompet Anda menipis. Tapi telepon itu mungkin bisa menjadi penglipur lara.

 

2. Perbaikan Motor atau Mobil

Perbaikan motor atau mobil seringkali mengalami over budget atau biayanya membengkak. Ada saja suku cadang atau aksesoris yang perlu ditambahkan saat sedang banyak uang. Itu baru disadari biasanya saat melakukan pembayaran di kasir.

 

3. Membayar Akumulasi Hutang

THR menjadi salah satu sumber pendapatan yang sudah dipastikan akan dimiliki menjelang lebaran. Fakta ini membuat seseorang merasa nyaman dan mengambil beberapa pinjaman yang akan dibayar saat menerima uang tahunan tersebut.

 

Alhasil, saat menerima THR, tagihan datang bertubi-tubi dan sisanya tinggal sedikit. Sehingga saat lebaran uang di dompet hanya tinggal untuk makan saja.

 

4. Tergiur Investasi Bodong

Saat pembagian THR, banyak sekali yang menawarkan sesuatu, dari motor, mobil, rumah, dan lain-lain. Hal itu terjadi karena banyak orang tahu kalau menjelang lebaran para pekerja biasanya punya uang berlebih.

 

Kesempatan itu juga dipakai oleh mereka yang berbisnis money game, yakni menawarkan investasi besar dan tidak masuk akal. Bagi orang yang paham, mereka sudah tahu kalau itu bisnis bohongan alias investasi bodong.

 

Masalahnya tidak semua orang bisa berpikir logis. Nah, orang seperti itu yang menjadi target utama para pelaku money game. Apalagi orang seperti itu tidak bisa melihat uang lama di genggaman tangan, inginnya dibelanjakan untuk sesuatu hal.

 

Saat uang sudah disetor ke investasi, maka mereka baru sadar kalau mereka sudah tidak punya apa-apa untuk lebaran.

 

Empat hal tersebut adalah contoh kita perlu berhati-hati menjaga pengeluaran saat menerima THR, agar tetap berguna saat merayakan lebaran dengan orang-orang tercinta. [Benhil]

 

 

All rights reserved, Copyright © 2022 www.benhil.net. Powered by Blogger.