6 Tips Penting Membangun Rumah dengan Konstruksi Baja

Baja Indonesia

 

Enam tips tentang pentingnya membangun rumah menggunakan baja. Tips ini tentu sangat berguna, mengingat rumah atau bangunan akan ditempati untuk jangka waktu sangat lama.

Berikut ini 6 tips pentingnya membangun rumah menggunakan baja dirangkum dari berbagai sumber, termasuk dari situs blog milik Liwa Suriyanti, pengusaha baja Indonesia yang sukses pada industri ini melalui perusahaan Gunung Prisma. Artikel yang berhubungan dengan Liwa, dapat dibaca di sini.


1. Tahan Lama
Saat ini salah satu fakta yang tidak dapat disangkal dalam hal konstruksi adalah bahwa bangunan yang menggunakan baja akan bertahan lebih lama daripada bangunan yang tidak menggunakan baja. Liwa Supriyanti menegaskan bahwa dengan pelapisan yang tepat, rumah dengan rangka baja akan mampu bertahan hingga 100 tahun.

2. Hemat Energi
Rumah yang dibangun dengan konstruksi baja bisa sangat menghemat energi karena mampu mengisolasi ruangan dengan efektif. Proses isolasi tersebut memungkinkan faktor eksternal seperti panas, dingin, dan kebisingan tidak akan mempengaruhi siapa saja yang tinggal di rumah yang dibangun dengan rangka baja. Liwa Supriyanti menyatakan: “Konstruksi baja sangat bermanfaat untuk lingkungan karena mampu meningkatkan insulasi dan kedap udara tinggi sambil memberikan kinerja termal yang luar biasa.”

3. Menawarkan Desain dengan Berbagai Pilihan

Jika ingin rumah Anda terlihat unik dan menonjol dibandingkan rumah lainnya, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan baja saat pembangunannya. Anda tidak akan kebingungan saat memilih desain baja karena perusahaan yang menyediakan jasa pemasangan rangka besi biasanya akan menawarkan berbagai pilihan warna dan bentuk kepada pelanggan. Jadi mereka yang sedang membangun rumah dapat mewujudkan rumah impian mereka tanpa mengkhawatirkan hal lain.

4. Harga Baja Lebih Terjangkau

Tidak heran jika menggunakan baja saat membangun rumah relatif tidak perlu menguras kantong karena bahannya hemat untuk diproduksi. Selain itu, bahan bangunan baja mudah dirakit dan praktis untuk pengiriman jarak jauh, baik dengan kereta api, kapal atau angkutan darat. Semua jenis pengiriman itu hanya sedikit mengonsumsi bahan bakar. Hal itu membuktikan bahwa rumah dengan bahan baja mampu memberikan penghematan bagi pemiliknya dalam jangka waktu yang panjang.

5. Tahan Api
Sebagai ahli konstruksi yang mumpuni, Liwa Supriyanti di situs blog miliknya, menyebutkan bahwa selain mampu bertahan selama 100 tahun, keuntungan rumah dengan rangka baja adalah tahan api dan angin.
 

Rumah berangka baja tahan api dan menyediakan isolasi dari panas. Itulah kenapa di daerah yang rawan kebakaran seperti California dan Australia sangat cocok membangun rumah dengan bahan itu. Dengan begitu masyarakat di sana tidak perlu khawatir dengan keselamatan mereka jika terjadi kebakaran hutan atau bencana lainnya. Selain itu, apabila bagian luar bangunan dilapisi dengan bahan khusus maka akan mampu memberikan perlindungan terhadap bencana alam seperti angin topan dan gempa bumi yang sering terjadi di daerah tertentu.

6. Perumahan Baja Modular
Bagi sebagian besar orang yang telah membangun rumah tanpa banyak masalah, rumah modular atau rumah rakitan mungkin tidak penting. Namun bagi mereka yang perlu ketersediaan rumah dengan segera (karena rumahnya hancur akibat bencana), rumah baja modular mutlak diperlukan.

Rumah baja modular adalah rumah yang setiap bagiannya bisa dirakit secara terpisah dan diangkut dengan mudah dari satu lokasi ke lokasi lain. Hal ini menjadikan rumah besi yang berkualitas sangat cocok untuk kondisi tersebut. Rumah model ini juga cocok untuk orang-orang yang sering berpindah-pindah atau untuk orang-orang yang membeli rumah sebagai investasi untuk kemudian disewakan kepada orang lain.

Nyatanya enam tips penting membangun rumah dan bangunan lain tersebut dengan konstruksi baja, tidak hanya bisa digunakan secara skala nasional saja, tapi juga berguna bagi orang-orang di luar negeri. []

Optimizer

Pemilik beberapa blog yang dikelola dengan baik oleh Internet marketer, konsultan internet marketing dan professional photographer di Jakarta, pendiri digital agency dengan layanan jasa pemasaran online dengan berbagai konsep terbaru, seiring dengan perkembangan teknologi internet diantaranya penyedia layanan jasa SEO (Seach Engine Optimization)

Previous Post Next Post

Contact Form