Pusat Taman Botani Konservasi Durian Sukabumi

Geopark Ciletuh


Depok, 06/11 - Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) mengembangkan “Arboretum Durio Botanica” sebagai pusat taman botani dan konservasi durian (Durio zibethinus) berlokasi di Desa Gandasoli, Sukabumi, Jawa Barat.

"Langkah awal kegiatan konservasi durian dilakukan dengan melakukan penanaman bibit durian bersama warga Desa Gandasoli," kata Ketua Pengmas FMIPA UI Retno Lestari di Kampus Universitas Indonesia Depok, Kabupaten Bogor, Rabu. (Antara)

Dalam pengembangan “Arboretum Durio Botanica” yang dimulai sejak bulan Februari hingga Oktober 2019, tim Pengmas FMIPA UI menggandeng Yayasan Pandu Cendekia dengan dukungan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI).

Pengmas FMIPA UI memfasilitasi pelatihan penanaman durian sekaligus menghibahkan bibit untuk ditanam di kawasan Desa Gandasoli.

Selain program tersebut, Tim Pengmas FMIPA UI, Yayasan Pandu Cendekia, dan BUMDes mempersiapkan lima hektar lahan untuk kawasan arboretum yang nantinya didorong sebagai kawasan wisata terpadu, dengan konsep home stay.

Selain itu juga akan dibangun fasilitas-fasilitas untuk wisatawan, termasuk warung higienis, pondok gunung dari bambu, toilet, jogging, dan bike track bagi penggemar gowes.

Retno menjelaskan, Arboretum Durio Botanica merupakan konsep untuk mengembangkan kawasan konservasi durian dari puluhan spesies hingga ribuan varietas, didapat dari berbagai daerah, mulai dari Sumatera hingga ujung timur nusantara maupun mancanegara.

Pemilihan Desa Gandasoli dikarenakan daerah tersebut terkenal sebagai penghasil durian yang berkualitas dan merupakan bagian dari Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu –  kawasan di Sukabumi, Jawa Barat yang menyerasikan keragaman geologi, hayati, budaya melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan berkelanjutan.

Ketua Yayasan Pandu Cendekia Fajar. R. Budiman memaparkan bahwa di awal Maret 2019 diadakan kontes durian nasional di Sukabumi, durian dari Gandasoli menempati urutan pertama dan kedua. Hal tersebut memperlihatkan bahwa desa Gandasoli memiliki potensi yang besar untuk pengembangan taman botani dan konsevasi durian. (Antara)
Previous Post Next Post

Contact Form