Beberapa berita mengabarkan akan diluncurkan nya ponsel modular, jika Anda belum mengetahui apa yang dimaksud modular. Modular memungkinkan bisa meracik atau bongkar pasang komponen ponsel / smartphone sesuai keinginan.

Selayaknya PC komputer, ponsel modular memberikan kemudahan dengan mudahnya ponsel untuk dibongkar dan di ganti komponennya untuk dinaikkan atau di upgrade sesuai keinginan  pemilik ponsel masing-masing, bagaimana? Terlihat asik atau aneh?

5 Konsep Ponsel Modular, Racik Spesifikasi Sesuai Keinginan


Mari kita simak perkembangan dunia gadget yang membuat semakin penasaran para pengguna.

5 model Ponsel Modular Yang Akan diluncurkan


Belum diketahui kapan ponsel-ponsel ini akan dikeluaran di pasaran, namun beberapa vendor menyatakan sudah membuat beberapa konsepnya untuk siap di pasarkan di pasar dunia.

Project Ara

Mungkin sudah terdengar beberapa bulan yang lalu, bahwa Project Ara dinyatakan gagal, namun akhir-akhir ini Google sebagai pengembangan projects ini memberikan sinyal baru untuk akan munculnya Project Ara, dengan beberapa perubahan dan perbaikan.

Project Ara memiliki 2 jenis yang akan di keluarkan, yang termurah di banderol Rp 650 ribuan saja, karena sesuai konsep awal ponsel ini bisa di bongkar dan di ganti komponennya sesuai keinginan, jadi memungkinkan untuk Anda upgrade sesuai keinginan.

Untuk versi mahalnya di banderol harga Rp 6,5 jutaan, dengan 2 versi ini pastinya akan berbeda dari segi kualitas produk ponsel dan spesifikasi yang akan di upgrade tentunya.

Fairphone 2

Meskipun di langsir Fairphone 2 sudah di lengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni di kelasnya, namun Fairphone 2 tetap menjadikan konsep modular di dalamnya. Jadi pengguna tetap bisa mengota katik berlatih untuk mengganti komponen sesuai selera dan sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Puzzle Phone

Sesuai namanya, ponsel modular satu ini benar-benar bisa diubah, di bongkar da diganti tiap bagian komponennya. Puzzle Phone membaginya menjadi 3 bagian seperti The spine, The brain, The Hearth.

Untuk The Spine, Anda bisa memperbaiki atau mengupgradenya di bagian LCD, speaker atau tombol-tombol yang ingin diganti sesuai selera. Lalu untuk The brain, sesuai nama Anda bisa mengubahnya di bagian dapur pacu, GPU,  RAM dll hal ini mungkin paling seru karena terkait dengan kecepatan ponsel itu sendiri.

Untuk terakhir yaitu the hearth, bias di ubah bagian baterai untuk menggantinya disesuaikan dengan tahana di prosesor agar performa tetap bisa bagus.

ZTE Eco-Mobius

Merek satu ini mungkin di kenal dengan produksinya modem, namun dengan berkembangnya pertumbuhan teknologi, ZTE kini mengeluarkan konsep ponsel modular nya bernama ZTE eco-Mobius. 

Bentuk ponsel ini lebih seperti motherboard versi kecilnya, kemungkinan nantinya yang bisa di ubah adalah untuk hardwarenya menyesuaikan bentuk yang diberikan dari ponsel modular keluaran ZTE ini.

Moto Z

Merek dari Motorola Moto Z, didesain tipis, ketebalan hanya 5,2 m. ponsel modular ini bisa di ganti dengan moto mods nya. Salah satu mods yang bisa di ubah paling bagus bernama Hassleblad True Zoom, fitur ini memungkinkan Anda bisa mengubah kameranya dengan menggantinya dengan lesan yang sesuai dan cocok untuk di pasang di Moto Z ini.

Kesimpulan : dari beberapa ponsel modular diatas, sudah ada yang siap diproduksi dan ada yang masih berupa konsep, semoga beberapa tahun ke depan sudah bisa melihat atau memiliki salah satu ponsel pintar diatas.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.