Apa itu fotografi human Interest? Fotografi human Interest merupakan fotografi yang mengambil tema tentang potret kehidupan manusia dalam kesehariannya. Biasanya fotografi human interest lebih memfokuskan kepada objek manusianya, yang meliputi suasana hati atau mood dari objek tersebut.

Tips Fotografi Human Interest Agar Foto Terlihat Menakjubkan


Fotografi human interest saat ini menjadi salah satu fotografi yang diminati oleh banyak fotografer. Selain karena menarik, fotografi jenis ini juga mampu membuat siapa saja yang melihatnya menjadi terenyuh dan menimbulkan simpati, karena kebanyakan foto ini memperlihatkan objek masyarakat yang memiliki kondisi ekonomi lemah. Trik memotret human interest berikut dapat diperhatikan untuk hasilkan karya foto yang menakjubkan.

Human interest merupakan salah satu fotografi yang bisa dikatakan bebas. Karena foto jenis ini mampu menggabungkan beberapa teknik fotografi lainnya seperti daily life fotografi, portrait fotografi, street fotografi, dan masih banyak lagi. Asalkan objek yang dibidik terfokus pada objek manusianya.

Artikel menarik lain di Benhil dapat dibaca pada posting bertajuk Trik Fotografi Smartphone ala Jay Subiakto, akni cara memotret yang baik dengan kamera handphone, setelah memahami dengan baik fitur ponsel pinter yang dimiliki untuk hasilkan karya fotografi dengan senang dan bebas.

Tips Fotografi Human Interest 


Untuk mengambil foto human interest tidak sembarangan. Diperlukan beberapa teknik dan tips agar fotografi human interset yang diambil dapat menakjubkan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan.

Mencari Objek Foto yang Menarik

Sebelum melakukan fotografi human interest sebaiknya, anda terlebih dahulu mencari subjek yang menarik. Foto human interest cukup banyak cakupannya. Anda dapat mengambil gambar anak-anak, pedagang kaki lima, orang dewasa, dan lain sebagainya. Carilah objek foto yang menurut anda paling menarik.

Menunggu Moment yang Tepat

Ini merupakan tips yang harus diperhatikan. Dalam memotret adakalanya kita harus selalu menunggu moment yang tepat agar foto yang diambil mendapatkan hasil yang bagus. 

Sebaiknya dalam memotret objek foto dalam human interest harus memperhatikan ekspresi wajah dari objek foto tersebut. Memang tips ini memerlukan kesabaran, namun jika anda bersabar dan menikmati menunggu moment yang tepat ini anda bisa memperoleh foto yang diinginkan.

Mengambil Foto Secara Close Up

Karakteristik utama dalam membuat foto human interest adalah ekspresi dari seseorang. Oleh karena itu foto yang paling bagus adalah foto close up. Tips ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan lensa zoom agar lebih mudah dalam pengambilannya. 

Akan tetapi jika anda tidak memiliki kedua lensa tersebut anda juga dapat memotretnya dengan menggunakan lensa kit dengan cara mendekatkan diri anda kepada objek yang akan di foto.

Foto yang Diambil Merupakan Foto Candid dan Natural

Foto human interset kebanyakan menampilkan foto candid dan natural, sehingga objek yang di foto seakan-akan tidak sadar sedang difoto. Ini merupakan salah satu kelebihan dari foto human interest, karena foto ini tidak memerlukan berbagai macam peraturan dalam pengambilan fotonya, sehingga anda dapat mengambil dari berbagai macam angle manapun.

Tidak Perlu Takut dalam Mengambil Gambar

Biasanya masalah dalam pengambilan foto human interset adalah takut dalam pengambilan gambarnya, seperti takut jika orang tersebut marah saat mereka sadar kita sedang mengambil foto mereka. 

Jika hal tersebut terjadi anda dapat meminta izin terlebih dahulu kepada mereka, akan tetapi jika anda meminta izin terlebih dahulu moment candid yang diabadikan menjadi tidak natural karena mereka sudah sadar bahwa kita akan memotretnya. 

Cara yang paling baik adalah dengan membebaskan diri anda dalam memotret human interest, jangan takut untuk mengambil gambar, karena kebebasan merupakan kunci utama dalam melakukan fotografi jenis ini, ikuti kata hati, abadikan dengan beberapa jepretan, dari berberapa sudut.

Tips di atas tadi merupakan beberapa tips untuk membuat foto human interset anda menjadi menakjubkan. Kiat ini dapat diterapkan saat melakukan pengambilan gambar untuk foto human interest dengan DSLR kamera maupun memotret sisi kehidupan manusia dengan smartphone kekinian, yang memiliki fitur yang juga sangat baik, tidak kalah dengan pocket camere.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.