10 Tanda Orang itu Bohong, Hati-hati Orang Terdekatmu?

Bohong

Kita seringkali menemui kejanggalan dalam suatu masalah, baik di kantor, di lingkungan warga, atau di rumah. Kejanggalan itu biasanya terjadi karena satu atau beberapa orang melakukan kebohongan.

Untuk mempermudah mengungkap kebohongan, berikut ini 10 perilaku yang mengindikasikan kalau seseorang itu tidak berbicara sesuai kenyataan.

Ke-10 tindak tanduk tersebut masih dipakai oleh pihak penyidik keamanan (baik di masyarakat atau di lingkup terbatas), pihak SDM (sumber daya manusia), dan berbagai pihak yang bersentuhan dengan penegakan peraturan.

Dilansir dari media entrepreneur, berikut ini 10 tanda kalau seseorang berbohong, yaitu:

1. Berkedip Berlebihan

Orang yang berkedip secara berlebihan menandakan kalau secara psikologi dia tidak mampu menghadapi percakapan yang diarahkan kepadanya karena dia telah berbuat curang. 

2. Mata Berputar-Putar

Gerakan mata yang berputar-putar menandakan kalau seseorang tidak bisa fokus pada topik pembicaraan yang harus dia sampaikan.

3. Kontak Mata yang Tidak Teratur

Seorang yang tidak jujur biasanya tidak berani memandang pihak penanya secara langsung dan terus menerus, sehingga kontak matanya tidak teratur.

4. Gelisah

Dalam situasi yang menekan, seorang yang berkhianat akan merasa gelisah seakan ingin segera lepas dari situasi tersebut. 

5. Sentuhan Tubuh yang Berlebihan

Dalam posisi berbicara yang cukup dekat, orang yang berpura-pura akan sering menyentuh lawan bicara yang jadi penanya sebagai dalih kalau yang dibicarakannya adalah benar.

6. Gerakan Kepala Cepat

Orang yang dusta akan melakukan gerakan kepala cepat seakan menyuruh agar otaknya bekerja lebih cepat dalam situasi yang tidak nyaman.

7. Mengangguk Ya Sambil Mengatakan Tidak atau Sebaliknya

Tanpa disadari, orang yang sedang berbicara tidak semestinya bisa menggelengkan kepala tapi mulutnya mengatakan ya, begitu juga sebaliknya.

8. Wajah Memerah

Wajah yang memerah biasanya terjadi karena seseorang tersebut merasa malu. Dalam kasus ini, perasaan malu muncul karena niat buruknya akan terbongkar.

9. Berkeringat

Munculnya keringat (dingin) dari orang yang sedang melakukan tindakan tidak sesuai jalur dikarenakan dia sedang berada pada situasi yang tegang dan menekannya.

10. Meremas Jari

Gerakan meremas jari dari orang yang sedang berdusta karena dia merasa tegang dan bingung terhadap tindakannya sendiri.

Meskipun begitu, ke-10 perilaku tersebut masih sebagai indikasi atau kemungkinan kalau seseorang berbicara tidak sesuai fakta. Dalam kasus kebohongan besar, perlu dilakukan penyelidikan dan mengumpulkan banyak fakta secara mendalam apakah orang tersebut benar-benar berbohong atau tidak.

Namun boleh juga dipraktekan untuk menakar kejujuran orang terdekat atau pacar he he... [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form