Harga Sawit di Pabrik Mukomuko Bengkulu Naik

Kelapa Sawit


Mukomuko, 4/9 (Benhil) - Harga tandan buah segar kelapa sawit di tingkat pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini sebesar Rp1.380 per kg, naik sebesar Rp20 per kg dibandingkan dengan harga sebelumnya.

"Harga tandan buah segar kelapa sawit naik sebesar Rp20 per kg, yakni dari sebesar Rp1.360 kg menjadi Rp1.380 per kg di pabrik PT Bumi Mentari Karya," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Sudianto di Mukomuko, Senin.

Sebanyak 10 pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di daerah itu, tetapi hanya PT BMK pabrik CPO di daerah itu yang membeli sawit petani di daerah itu dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Sedangkan, lanjutnya, harga TBS kelapa sawit di sembilan pabrik CPO di daerah itu selama tiga pekan ini masih bertahan dengan harga sebelumnya, yakni berkisar Rp.1.300-Rp.1.330 per kg.

Ia menyebutkan, sebanyak sembilan pabrik, yakni pabrik PT SSJA membeli sawit petani dengan harga Rp.1.300 per kg, PT KSM sebesar Rp.1.320 per kg, pabrik PT MMIL sebesar Rp.1.320 per kg.

Kemudian, pabrik PT KAS membeli sawit petani sebesar Rp.1.320 per kg, pabrik PT DDP Kecamatan Ipuh dan PT DDP Desa Lubuk Bento membeli sawit petani sebesar Rp1.320 per kg, pabrik PT AMK sebesar Rp.1.330 per kg Sementara ini, ia mengatakan, instansinya belum menerima data harga terendah dan tertinggi sawit di tingkat pabrik dari tim penetapan harga TBS kelapa sawit pemerintah provinsi setempat.

"Kami masih menunggu tim menetapkan harga sawit. Harga penetapan itu sebagai pedoman pabrik dalam menetapkan harga sawit di daerah ini," ujarnya.

Ia berharap, harga sawit di sejumlah pabrik CPO di daerah itu kembali naik sebesar Rp1.500 per kg agar ekonomi petani setempat meningkat. (Ben/An)
Previous Post Next Post

Contact Form