Jersey Bali United


Sebagai salah satu tim sepak bola terbaik di Indonesia tentunya masyarakat sudah tidak asing lagi dengan klub Bali United yang bermarkas di Pulau Bali. Klub yang sudah resmi terdaftar dan akan bertanding di kompetisi liga 1 Indonesia nampaknya sudah betul-betul mempersiapkan diri agar dapat memenangi kompetisi olahraga ini, mulai dari persiapan pemain, pelatih, staff medis, hingga pengadaan jersey terbaru yang akan dikenakan seluruh anggota tim selama kompetisi berlangsung.

Jesrsey terbaru dari Bali United inilah yang akan dikupas pada artikel kali ini karena memang jersey dari tim Bali United kali ini tampil sangat berbeda, yaitu dipenuhi dengan motif dan filosofi khas kearifan lokal yang ada di pulau Bali. Lalu untuk dapat mengetahui masing-masing filosofi dari motif yang ada pada jersey ini, langsung saja kita simak ulasan berikut ini:

Warna

Jersey terbaru dari Bali United untuk mengarungi kompetisi Liga 1 Indonesia tahun ini hadir dengan 5 varian warna yang berbeda. Pertama, jersey berwarna merah yang dikombinasikan dengan garis warna hitam pada bagian leher dan pinggang yang mana nantinya jersey ini akan digunakan untuk laga kandang.

Kedua, jersey berwarna putih yang dikombinasikan dengan warna hitam pada bagian leher dan garis melintang berwarna merah pada bagian sisi kanan dan kiri. Untuk jersey warna putih sendiri nantinya akan digunakan saat melakoni laga tandang. Ketiga, jersey berwarna hitam. Jersey yang dipersiapkan sebagai jersey alternatif ini memiliki kombinasi warna hitam, putih, dan merah. Sedangkan untuk 2 jersey sisahnya adalah jersey yang dipersiapkan untuk penjaga gawangm yaitu jersey berwarna hijau dan biru.

Kemudian dari ke-5 jersey tersebut, Yabes Taruni, selaku CEO dari klub Bali United mengatakan bahwa semua jersey memiliki filosofi sebagai simbol suci, yaitu ‘Tridatu’ yang merupakan kombinasi tiga warna lambang suci. Warna merah melambangkan dewa Brahma (Pencipta), warna putih melambangkan dewa Wisnu (Pemelihara), dan warna hitam melambangkan dewa Siwa (Pelebur).

Gambar Barong

Berbeda dari jersey Bali United pada musim kompetisi sebelumnya, kali ini Bali United memberikan sentuhan gambar Barong pada area kiri atas jersey. Pemilihan gambar Barong sendiri dimaksudkan untuk menambahkan kesan kearifan lokal Bali yang mana terkenal akan Barong Ket. Sedangkan filosofi dari Barong Ket sendiri merupakan figur dari Singa yang mana dianggap mampu mengalahkan dan menghancurkan setiap kekuatan jahat sehingga Barong Ket pada jersey ini dimaksudkan sebagai simbol kebaikan dan kemenangan.

Lalu, Yabes Tanuri, selaku CEO klub Bali United juga mengemukakan bahwa pemilihan gambar Barong di jersey Bali United tahun ini adalah simbol dari harapan bersama seluruh anggota tim agar nantinya Bali United dapat terus-menerus dinaungi oleh kebaikan dan kemenangan.

Bahkan tidak hanya itu, gambar Barong Ket rupanya tidak hanya menghiasi bagian kiri atas jersey namun juga dapat dijumpai pada baju kiper yang berwarna ungu dimana Barong Ket dimasukkan dengan gambar berukuran besar yang transparan sehingga semakin menambah nilai-nilai kearifan lokal dari keseluruhan jersey Bali United musim ini.


Desain jersey semacam ini tentunya mampu memberi warna baru untuk persepakbolaan Indonesia. Dengan keragaman budaya yang ada di Indonesia tentunya pemberian aksen kearifan lokal pada setiap jersey masing-masing klub sepak bola dapat menjadi ajang kampanye yang sempurna untuk semakin memasyarakatkan budaya yang ada di daerah masing-masing. Untuk itu, mari terus dukung persepakbolaan Indonesia agar terus maju dan semakin berkualitas.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.