Festival Ogoh-Ogoh

Pulau Dewata memang sangat terkenal akan keindahan alamnya, namun juga menyimpan berbagai macam kekayaan seni budayanya yang mana dapat memukau jutaan mata dari para wisatawan. Kesenian yang ada di Bali memang bisa dibilang tergolong unik dan juga menjadi sebuah magnet tersendiri untuk para wisatawan, baik itu untuk wisatawan mancanegara ataupun domestik. Dengan demikian tentu saja tak heran jika ada banyak sekali wisatawan yang ingin selalu datang ke Bali untuk menyaksikannya. Beberapa festival tahunan juga menjadi wisata tersendiri bagi sebagian wisatawan karena unik dan juga bisa dilihat secara gratis. Beberapa festival tersebut juga berguna untuk menambah pengetahuan dan juga wawasan mengenai kebudayaan yang memang sudah ada semenjak jutaan tahun yang lalu. Di Bali sendiri terdapat beberapa festival tahunan yang sering kali digelar, adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Festival Pesta Kesenian Bali
Yang pertama adalah pesta kesenian Bali, festival ini sendiri sering kali disebut dengan PKB yang merupakan suatu festival tahunan dan paling ditunggu oleh masyarakat Bali ataupun wisatawan. Festival ini diselenggarakan pertama kali di tahun 1979, festival ini juga rutin dilaksanakan di setiap tahunnya dengan menampilkan berbagai macam kesenian seperti seni tari, kemudian seni tabuh, lalu kerajinan tangan dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang menjadi keunikan dari festival ini sendiri adalah tema yang diusung berbeda, dengan demikian tak heran jika masyarakat dan wisatawan selalu menunggu festival kesenian ini.

Festival Layang - Layang
Kemudian yang kedua adalah festival layang – layang atau yang sering disebut dengan Bali Kite Festival, festival ini sendiri merupakan momen tahunan yang ada di Bali yang mana banyak ditunggu pula oleh para wisatawan, festival tahunan tersebut pertama kali dilaksanakan di tahun 1979 dan juga diikuti oleh banyak sekali peserta yang berasal dari International Kite Flying Club. Pada saat festival tersebut digelar, maka ribuan peserta dan juga pecinta layanan membanjiri arena dan juga membawa layanan dengan berbagai macam ukuran, style dan juga warna. Festival tersebut digelar pada musim angin.

Festival Kuta Karnival
Lalu yang ketiga adalah Kuta Karnival, untuk Anda yang gemar mengunjungi objek wisata Pantai Kuta, festival tahunan ini tentu saja jangan sampai terlewatkan, Kuta Kanival ini sendiri merupakan suatu agenda tahunan yang sering dinantikan oleh turis mancanegara ataupun domestik. Acara ini diselenggarakan  di sepanjang Pantau Kuta dan diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik serta memukau jutaan mata yang ada di seluruh dunia. Acara tahunan tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2003, dan biasanya festival ini diselenggarakan di bulan Oktober.

Festival Ogoh - Ogoh
Festival tahunan keempat adalah festival ogoh – ogoh. Nyepi merupakan suatu hari raya untuk Umat Hindu yang diselenggarakan di setiap tahun baru Saka. Nyepi sendiri asalnya dari kata sepi, sehingga tak heran jika saat Hari Raya Nyepi semua aktivitas yang ada di Pulau Bali berhenti untuk sementara. Festival ogoh – ogoh ini sendiri dilaksanakan di sore hari menjelang matahari terbenam sehari sebelum nyepi. Ogoh – ogoh sendiri merupakan sebuah boneka yang dibuat untuk dijadikan sebagai simbolisasi atas unsur negatif.

Festival Ubud
Selain itu ada juga festival Ubud yang merupakan festival untuk para seniman yang mana menghadirkan berbagai macam seni ukur, seni lukis, kemudian seni patung, seni musik dan juga seni tari. Karena banyaknya para seniman yang ada di sini, tak heran jika ada banyak masyarakat dan wisatawan yang berkunjung untuk melihatnya. Untuk festivalnya sendiri tidak hanya seni saja melainkan juga terdapat food festival, hal tersebut tentu saja menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat dan wisatawan pada festival tahunan tersebut.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.