Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang mana memiliki banyak sekali lokasi wisata, adat kebudayaan sampai dengan wisata kuliner. Jika mengunjungi Pulau Dewata ini memang rasanya tidak akan lengkap jika tidak mencoba kuliner khas Bali. Masakan Bali sendiri memang memiliki daya tarik tersendiri untuk para pecinta makan karena masakan Bali ini diracik dengan menggunakan bubu rempah yang cukup kuat dan juga pedas. Tidak perlu berlama – lama lagi, berikut ini adalah beberapa masakan khas Pulau Dewata yang wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Pulau Dewata:

Ayam Betutu
Masakan yang pertama adalah ayam betutu, siapa yang tak mengenal ayam betutu, menu satu ini memang bisa dibilang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Bali. Hal tersebut karena ayam betutu ini bisa dibilang menjadi ikon dari masakan khas Bali. Untuk Anda yang menggemari masakan pedas, maka ayam betutu ini bisa menjadi pilihan yang tepat dan siap – siap dibuat jatuh cinta karena ayam betutu ini memiliki cita rasa yang lezat dengan remah – rempah yang berlimpah dan juga teksturnya yang pedas membuat ketagihan. Ayam betutu ini memiliki keunikan tersendiri karena bumbu rempahnya dimasukan ke dalam perut ayam kampung dan dagingnya tersebut dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dipanggang menggunakan bara api yang terbuat dari sekam dan membutuhkan waktu sampai dengan 24 jam, dengan demikian dapat menghasilkan rasa yang gurih dan juga pedas. Selain menggunakan daging ayam, masakan betutu ini juga sering menggunakan daging bebek.

Sate Lilit
Kemudian masakan khas Pulau Dewata selanjutnya adalah sate lilit, sate lilit ini memang berbeda dari sate biasanya, hal tersebut karena jika sate biasa dagingnya ditusuk menggunakan tusuk sate, namun sate lilit ini berbeda karena dagingnya akan dicincang dengan halus terlebih dulu kemudian dicampur menggunakan bumbu khas Bali, setelah itu dililitkan ke batang daun serai ataupun tangkai bambu. Kemudian dibakar sampai matang, untuk rasanya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi karena dijamin empuk dan juga gurih. Terlebih lagi dengan adanya daun serai nantinya bisa membuat sate tersebut menjadi wangi. Untuk daging yang digunakan juga bermacam – macam bisa menggunakan daging ayam ataupun ikan tengiri.

Lawar Kuwir
Lalu yang ketiga adalah lawar kuwir, masakan ini sendiri merupakan salah satu jenis masakan dari campuran sayuran dan juga daging cincang yang mana sudah diramu secara khusus menggunakan bumbu khas dari Bali. Pada umumnya masakan ini memang diolah menggunakan campuran dari daging babi, namun untuk sekarang ini bisa diganti dengan daging bebek entog  yang mana menjadi daging alternatif, namun juga menjadi favorit. Cara memasaknya sendiri adalah faging entog cincang dicampurkan dengan potongan sayuran seperti kacang panjang dan juga parutan kelapa dan dilumuri dengan bumbu Bali. Lawar kuwir ini sendiri lebih nikmat jika dihidangkan dengan nasi putih hangat dan juga sate lilit, kemudian kacang tanah, lalu suwiran ayam betutu dan juga semangkut jukut ares.

Nasi Tepeng

Selain itu nasi tepeng juga bisa menjadi salah satu masakan khas Pulau Dewata yang mana menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang sedang berwisata kuliner. Masakan khas Gianyar tersebut memang cukup lembek seperti bubur, namun racikan dari bumbu rempah khas Bali yang disiram di atas tepeng tersebut menjadi daya tarik utamanya dan tak heran jika rasa pedas pada masakan tersebut dapat menggoyang lidah. Nasi tepeng ini juga dilengkapi dengan kacang panjang, nangka muda, daun kelor, kacang merah, terong dan juga kelapa parut. Sementara untuk lauknya sendiri adalah telur ataupun suwiran ayam goreng, dan untuk penyajiannya menggunakan daun pisang.
Masakan Bali


All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.