Tips dan Trik Memulai Bisnis dari Nol

Bisnis adalah satu kata yang sangat digemari oleh sebagian masyarakat. Sebelum pembahasan kita lebih lanjut, apa yang dimaksud dengan bisnis? Bisnis adalah suatu usaha yang dilakukan perorangan atau perusahaan atau kelompok untuk menjual suatu barang atau jasa dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan (laba/profit).



Banyak orang yang tergiur akan hal ini. Tidak jarang, banyak yang berlomba-lomba memproduksi dan memasarkan produknya tanpa ilmu hanya modal nekat dengan harapan bisa mendapat keuntungan yang lebih. Padahal, tidak ada bisnis yang sampai puncak tanpa melewati proses demi proses jatuh bangunnya.

Saya akan meluruskan yang dimaksud dengan “modal nol” disini. Siapa yang tidak tergiur dengan modal nol tapi mendapat keuntungan 1, 2 atau 3? Bagi saya, tidak ada bisnis dengan modal nol! Minimal harus ada niat dan ilmu yang cukup untuk terjun langsung kedunia bisnis.

Dengan niat yang kuat disertai tekad yang bulat, seiring berjalannya waktu, bisnis yang anda kerjakan akan membuahkan hasil yang baik. Perlu adanya komitmen sebelum merintis bisnis. Karena dunia bisnis itu tidak cocok untuk anda yang lemah dalam berkomitmen. 

Sebelum memulai usaha, anda harus tentukan ide usaha yang akan anda kembangkan. Amati target pasaran anda. Rata-rata masyarakat tertarik akan hal baru dan unik. Maka ciptakanlah inovasi yang baru agar bisa diterima oleh masyarakat. Tentukan visi dan misi yang kuat. Praktek tanpa visi dan misi tidak akan pernah berjalan secara mulus. 

Begitu juga dengan ilmu. Asal nekat tapi tidak mempunyai basic ilmunya pasti tidak akan berjalan dengan baik. Basic ilmu tersebut bisa anda pelajari lebih dalam lagi setelah praktek, entah itu dari pengalaman orang lain, seminar bisnis, atau social media. 

Berarti “nol’ yang saya maksud disini adalah dalam segi materi. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara memanagement bisnis yang dimulai dari nol tersebut. Berikut adalah beberapa tips dan trik bagi yang ingin terjun langsung kedunia yang kerap kali membuat seseorang frustasi ini.

Menjadi Dropshipper

Butuh waktu yang tidak sebentar dalam hal mengumpulkan modal. Ketika sudah menabung, tetapi ada keperluan mendadak yang membuat anda terpaksa memakai tabungan tersebut. Menjadi dropshipper adalah solusinya. Dropshipper adalah sebuah tekhnik pemasaran yang dilakukan dengan cara menjual kembali produk dari distributor yang telah anda gandeng. 

Disini anda tidak perlu lagi stok barang yang dikhawatirkan tidak akan laku, anda hanya perlu meneruskan detail barang yang dibeli lengkap dengan alamat sang pembeli ke supplier, lalu selanjutnya supplier yang akan mengirimkan langsung barang pesanan kerumah konsumen anda, dengan catatan nama pengirimnya diganti dengan toko online anda atau nama anda sendiri. 

Tentunya dengan hal ini anda juga harus pintar memainkan keuntungan dengan cara meng-up harga dari harga supplier. Keuntungan yang anda dapatkan bisa ditabung tanpa susah-susah stock barang, Pemasaran hendaknya dilakukan dengan pintar menggunakan internet atau hanya memanfaatkan social media. Sangat berbeda dengan reseller. Kalau reseller membutuhkan modal yang banyak untuk membeli stok barang secara langsung ke supplier.

Gunakan sedikit modal untuk cicil keperluan bisnis

Keuntungan yang anda dapat dari dropshipper secara perlahan mulailah menyicil yang diperlukan dalam mengembangkan usaha anda. Misalnya, kalau anda ingin bisnis pakaian, mulailah menyicil secara perlahan dari membuat label, sedikit-sedikit membeli bahan, dan keperluan lainnya untuk menunjang produksi anda.

Kalau sudah terkumpul semua barang yang diperlukan, selanjutnya hanya action dan konsisten. Ilmu yang anda dapat saat menjadi dropshiper, tidak ada salahnya bila dicoba. Konsisten dalam hal pemasaran dan produksi. Mulai merancang sendiri management yang anda inginkan. 

Itulah beberapa tips dan trik untuk memulai bisnis dari nol. Tidak ada bisnis yang sukses dengan cepat. Tugas kita hanya konsisten. Sebuah hasil yang baik tidak akan pernah mengkhianati apapun prosesnya. Selamat berbisnis. 
Previous Post Next Post

Contact Form