Memulai Sebuah Bisnis Dengan Pola Pikir Yang Baik

Sering kali banyak orang bertanya-tanya, bagaimana memulai sebuah bisnis? Hal apa yang harus dilakukan untuk pertama kali?. Biasanya pertanyaan-pertanyaan seperti ini terlontar dari orang yang sama sekali belum pernah memulai sebuah bisnis. Sebenarnya pertanyaan seperti merupakan sebuah pertanyaan yang sangat bagus. Jika dalam benak anda pernah terbersit hal semacam itu tandanya Indonesia akan memiliki seorang pengusaha baru.



Untuk memulai sebuah bisnis, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar bisnis yang dijalankan bisa maju dan berkembang.

Jangan Tergiur Dengan Penghasilan Besar Dan Cepat

Anggapan kebanyakan orang jika mendengar kata bisnis adalah keuntungan, kekayaan dan kesuksesan. Hal ini yang membuat banyak orang memulai sebuah usaha tanpa menyelesaikannya sampai akhir. Sebuah bisnis harus dikerjakan dengan konsistensi dan juga ketekunan dalam waktu yang relatif lama sampai anda mendapatkan keuntungan yang besar.

Jika ada orang yang menawarkan anda sebuah bisnis dengan keuntungan besar dalam tempo yang cepat sebaiknya anda perlu waspada. Memang ada beberapa jenis bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan besar dengan waktu cepat. Namun hal ini tentu membutuhkan skill yang tinggi sedangkan sebuah skill tentu memerlukan waktu yang cukup lama untuk menguasai sampai bisa maksimal.

Jangan Serta Merta Mudah Terbawa Arus, Tanyakan Hati Nurani Anda

Banyak sekali orang yang sudah mempunyai bisnis yang mapan. Mungkin salah satu dari mereka adalah teman atau sanak keluarga anda. Mungkin mereka akan mengajak anda untuk mengejar kesuksesan, namun dalam bidang yang sama. Ini bukanlah satu hal yang buruk tetapi anda harus menanyakan pada diri sendiri sesuaikah bidang usaha tersebut dengan minat anda. 

Memang dalam memilih suatau bidang bisnis tidak selalu harus sesuai dengan hobi, namun anda harus mempertimbangkan kendala-kendala yang mungkin timbul di perjalanan bisnis anda. Jangan langsung memikirkan hal-hal yang menyenangkan saja namun pikir dan persiapkan diri anda untuk menghadapi masalah-masalah yang akan mucul serta kesiapan anda untuk tetap konsisten dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Perbanyak Teman Pengusaha Agar Anda Bisa Konsisten Menjalani Sebuah Bisnis

Jika anda bergaul dengan seorang ulama maka akan menjadi alim. Bergaul dengan seorang preman, anda akan menjadi nakal dan bergaul dengan pengusaha, maka andapun akan menjadi seorang pengusaha. Pergaulan sangatlah penting. Jika anda terlahir dari keluarga pengusaha, anda tidak perlu repot-repot mencari teman pengusaha, karena sudah pasti sejak kecil anda sudah hidup di lingkungan pengusaha.

Jika anda terlahir dari lingkungan bukan pengusaha, cari teman yang pengusaha agar anda bisa konsisten menjalani sebuah bisnis. Cukup bergaul dengan para pengusaha-pengusaha pemula dengan visi kurang lebih sama dengan anda maka akan mempermudah anda nantinya untuk tetap konsisten dalam memulai sebuah bisnis.

Dalam Memulai Bisnis Tidak Harus Punya Ilmu Yang Tinggi
Banyak orang beranggapan dalam memulai bisnis, haruslah dibekali dengan ilmu yang tinggi dengan kuliah sesuai dengan bidang usaha. Padahal hal ini tidak selamanya benar. Di jaman yang serba modern ini anda semakin mudah untuk memperoleh informasi apapun. 

Bahkan  jika anda harus lulus sarjana dulu baru memulai sebuah bisnis maka carilah informasi di internet mengenai bahan-bahan kuliah yang bisa anda pelajari tanpa harus membayar biaya yang mahal. Namun sebaiknya perbanyak praktek daripada belajar terus menerus, karena ilmu yang baik berasal dari pengalaman anda sendiri.
Previous Post Next Post

Contact Form