Tips Agar Tidak Mudah Bad Mood Saat Haid

Menstruasi terjadi karena dinding rahim wanita yang mengalami peluruhan dikarenakan tidak ada pembuahan sel telur, masa haid pada umunya berjalan selama kurag lebih seminggu, tak hanya membuat tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas menstruasi juga menyebabkan perubahan siklus hormon. 



Hormon yang mengalami perubahan dapat mengubah suasana hati yang rasiona, mengubah emosi menjadi labil, dan dapat mengubahmu menjadi sedikit lamban dari biasanya. Tak aneh apabila wanita sedang mengalami masa datang bulan mudah sensitive dan gampang marah. 
 
Sebenarnya diperlukan beberapa treatment khusus untuk wanita yang sedang menjalani masa haid terutama treatments untuk diri sendiri, dan Hal-hal yang dapat bikin bad mood mu menghilang. 

Saat sedang haid, bukan hanya badan yang rasanya sakit semua. Pikiran dan suasana hatipun tidak karuan rasanya. Mulai dari gampang tersinggung, menjadi sensitive, hingga badmood yang berkepanjangan. 

Semua itu memang lumrah terjadi pada wanita yang sedang datang bulan. Karena saat haid, hormone tidak seimbang. Ditambah lagi dengan Gejala-gejala pms yang dialaminya. Untuk menghilangkan rasa mudah badmood saat haid, berikut bebrerapa tips simpel yang dapat kamu ikuti.

Olahraga ringan
Dengan berolahraga kamu dapat melenyapkan depresi dan menghilangkan bad mood yang terjadi pada suasana hati kamu. Saat sedang melakukan aktivitas fisik, tubuh akan memproduksi hormone endrofin. Hal ini pun dapat membuat bad mood lenyap. 

Tak hanya itu saja, olahraga juga  dapat membantu mengatasi raya nyeri kembung dan keram perut saat sedang haid. Tidak perlu olahraga yang berat berat. Olahraga ringan seperti jalan kaki dapat membantu mu mengatasi suasana hati yang buruk.

Batasi kafein dan makanan manis
Berhenti menkonsumsi kopi dan minuman berkafein dua minggu sebelum siklus haid akan menstabilkan mood kamu. Kafein dapat meningkatkan risiko gelisah dan cemas. 
 
Saat sedang datang blan, batasi bahkan hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak gula juga minuman berkafein. Minum banyak air putih justru lebih baik untuk kesehatan.

Batasi konsumsi gula dan karbohidrat

Menkonsumsi makanan besar yang mengandung terlalu banyak karbohidrat atau gula dapat mempengaruhi  kadar gula darah dalam tubuh. Efek negatifnya, suasana hati yang buruk akan bertambah parah. Jadi saat sedang haid, kurangi konsumsi gula dan karbohidrat yang berlebih.

Istirahat dan rilekskan tubuh

Saat sedang haid, jangan sampai kamu Terus-terusan stres atau depresi. Dapatkan waktu istirahat yang cukup dan buatlah tubuhmu serileks mungkin. Kamu dapat melakukan yoga atau meditasi untuk membuat tubuh lebih tenang. Saat kondisi psikis stabil dan terkontrol dengan baik, maka bad mood yang kita rasakan akan segera lenyap.

Selalu Berfikir positif
Perasaan negative pada umumnya berasan dari pikiran yang negative. Apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi perasaan kita. Maka, untuk mengubah perasaan negative tersebut kita dapat mengubahnya dengan pola pikir yang selalu positif. 

Dan minumlah sesuatu yang hangatm meminum secangkir teh panas merupakan ide yang bagus. Apalagi saat menstruasi datang bersama dengan kram diperut. Maka dari itu meminum teh dan selalu berfikir positif merupakan salah satu cara menghilankan rasa sakit dan bad mood.

Jika perlu menangislah jika ingin, hormone akan mengalami perubahan jika Tiba-tiba kamu ingin menangis walaupun tanpa alasan. 
 
Kamu akan merasa lebih baik dari sebelumnya perubahan hormon kadang mendorong seseorang melakukan Hal-hal yang tidak masuk akal, termasuk menangis. Nah berikut tips simpel untuk menghilangkan perasaan bad mood saat sedangan mengalamaI masa haid.  
Previous Post Next Post

Contact Form