Tips Menata Taman Kecil Dalam Rumah Dengan Baik

Fungsi ruang hijau dalam sebuah rumah sangatlah penting, selain untuk membantu sirkulasi oksigen dalam rumah, juga berfungsi untuk menambah kesan hijau dan sedap di pandang mata dikala sedang istirahat. 
 
Namun untuk anda yang hanya memiliki lahan hijau yang bisa di desain taman dirumah kecil saja bagaimana caranya agar terlihat tetap sedap dipandang mata? Hal ini mudah, sebagaimana dalam pemilihan properti untuk mengisi ruangan dalam rumah.



Hal yang perlu diperhatikan dalam menata taman dalam rumah ialah tepat dalam memilih tanaman yang akan di tanam didalamnya, mengatur jarak tanam, dan menambah aksen lain agar terlihat lebih lengkap dan menarik. Hal ini tidak perlu dengan lahan yang luas, karena ada trik sesuai kreatifitas anda masing-masing dalam menatanya.

Cara Menata Taman Dalam Rumah Dengan Lahan yang Terbatas


Pilih tanaman yang tepat
Cara pertama yang anda bisa lakukan adalah dengan memilih jenis tanaman dan ukuran tanaman yang akan di tanam di dalam taman kecil dalam rumah anda, jenis tanaman yang bisa dipilih bisa jenis tanaman merambat, tanaman air dan tanaman yang berbuah yang memiliki akar tunggal.

Mengapa tanaman merambat? Karena selain tidak perlu membutuhkan space lahan yang banyak juga akan memberi variasi dalam taman itu sendiri.
 
Jika jenis tanaman air bisa digunakan untuk taman yang memiliki kolam kecil didalamnya, untuk pemilihan pohon buah yang berakar tunggal selain agar ketika berbuah dan besar tidak merusak lantai rumah anda, hal ini bisa anda siasati dengan memilih tanaman yang berasal dari cangkok. Sehingga ukuran pohon tidak terlalu besar.

Atur jarak tanaman satu dengan lainnya
Saat penanaman harus di beri jarak untuk tanaman satu dengan lainnya, jangan terlalu banyak memilih tanaman yang ingin di tanam di taman, cukup pilih 3 jenis tanaman yang sudah di bahas sebelumnya, lalu beri jarak dalam menanam. Selain agar tumbuh kembang tanaman lebih maksimal. Hal ini agar tidak memberi kesan ramai dan dempet-dempetan yang menjadikan tanaman tidak sedap dipandang mata atau bahkan mati.

Berikan sinar matahari
Posisikan tanaman pada daerah yang sering terkena sinar matahari, hal ini perlu di perhatikan karena untuk rumah yang sempit sering tidak memberikan ruang kusus untuk masuknya sinar matahari kedalam rumah. 
 
Hal ini bisa Anda siasati dengan membuatnya sendiri sesuai desain yang dibutuhkan agar tanaman yang sudah di tanam bisa hidup dan tumbuh dengan baik. Selain itu taman yang sempit akan terlihat luas dengan pencahayaan yang cukup.

Pasang paving secukupnya
Pasang paving pada area sekitar taman, bisa untuk jalan didalamnya agar tidak menginjak tanaman, selain itu juga sebagai aksen hiasan yang akan memberikan pemandangan yang enak dipandang. 
 
Pilih paving yang berbentuk kotak dan beri jarak dengan tanaman, tujuannya agar tanaman tidak mati karena ruang tanah yang digunakan untuk berkembang tidak berkurang.

Tambahkan kolam kecil
Kolam ini berfungsi untuk aksen sejuk, buatlah kolam dan isi ikan didalamnya, taman yang kecil akan terlihat lebih indah dilihat. 
 
Buat kolam di sebelah pinggir berdekatan jalan yang dibuat dengan paving sebelumnya atau bisa diletakan di tengah-tengah taman, sehingga tidak merusak tatanan tanaman yang sudah di atur sebelumnya.

Pemilihan jenis tanaman, dan mengatur jarak tanam menjadi point penting dalam menata taman dengan lahan yang sempit, selamat mencoba semoga bisa memberi ide baru untuk Anda.

Previous Post Next Post

Contact Form