5 Mitos Seputar Baterai Smartphone

Banyak tips dan trik tentang menjaga ketahanan atau cara merawat agar baterai smartphone menjadi awet. Sebagai pembaca yang bijak, harus cerdas dan bisa memilah informasi di dunia gadget mengenai apapun itu agar tidak merasa tertipu karena kita sendiri yang salah memahaminya.

Hal ini biasa disebut mitos, apakah beberapa hal berikut ini salah satu yang sudah anda percayai kebenaranya? Mari kita ulas secara seksama untuk menyikapi beberapa mitos dibawah ini.


Mitos Seputar Baterai Smartphone


Mitos : Menggunakan charge yang tidak asli
Apakah anda termasuk orang sudah terlanjur percaya akan mitos ini, menggunakan charge yang tidak asli akan mengakibatkan rusaknya baterai smarpthone anda. Ha ini tidak salah secara mutlak ada benarnya juga. Namun yang benar yang perlu diperhatikan bukanlah dari ori bawaan charge tersebut atau tidak.

Namun macam dari charge memiliki berbagai jenis voltase atau daya charge itu sendiri, pilihlah yang memilih voltase yang sama dengan aslinya, agar tidak merusak baterai smartphone anda. Yang kedua pilihlah dari merk yang terpecaya dan berkualitas, karena banyak beredar dipasaran yang memiliki kualitas tidak baik atau palsu. Contoh merk yang bagus seperti Belkin.

Mitos : Jangan memakai smartphone ketika di Charge
Ini mitos berikutnya yang sudah menyebar  dan menjadi salah persepsi untuk mayoritas pengguna smartphone, apakah untuk vendor besar dari smartphone yang sudah besar tidak memikirkan hal ini? Penggunaan gadget ketika charge semua tetap tersingkronisasi seperti cloud, download update dan lainnya. Jika dalam keadaan charge pun masih ada notifikasi pasti hal ini dibutuhkan untuk smartphone untuk charge dalam keadaan aktif.

Jika menggunakan charge dan sambil di gunakan melambatkan dalam pengisian baterai ini mungkin benar, karena aktifitas setiap gadget akan memerlukan daya baterai itu sendiri.

Mitos : Charge baterai full 100% dan habiskan sebelum lakukan charge ulang
Mitos berikut ini sudah menjamur di kalangan pengguna gadget, sebenarnya tidak masalah anda tidak lakukan charge pada baterai smartphone tidak 100%, dan tidak harus juga melakukan charge dalam keadaan mepet sebelum habis.

Hal penting yang harus di perhatikan jutru siklus charge itu sendiri, semakin terlalu sering anda lakukan charge pada smartphone dalam 1 hari, maka kualitas baterai akan semakin menurun secara berkala. Mengenai mitos  menghabiskan baterai sebelum charge hanya berlaku untuk jenis baterai tipe lama Nicckel-Cadmium. Namun tidak berlaku untuk jenis baterai Li-lon dan Li-po, karena lebih mutakhir teknologinya. Mitos seperti ini sudah tidak berlaku lagi.

Mitos : Jangan Men-charge Baterai Semalam Suntuk
Hal ini hal yang sering banyak dilakukan orang dalam melakukan charge pada smartphonenya, lalu apakah benar mitos ini? Seorang penulis bernama Brayn clark geram dan ingin mengetahui kebenaran mitos ini, kemudian dia menelpon call center dari Apple dan AT&T. Dan yang mengejutkan bahwa mereka menjawab memperbolehkan melakukan hal tersebut.

Karena di setiap smartphone sudah diberikan teknologi yang mampu memutus arus daya dari charge itu, jadi smartphone tidak mengapa harus di charge semalaman sekalipun.

Mitos : Matikan Wifi, GPS, Bluetooth agar baterai lebih hemat
Apa benar semua hal ini? Perlu kita ketahui semakin canggih suatu fitur pada smartphone pastinya hal semacam seperti ini pasti sudah di berikan solusinya. Seperti GPS, meskipun selalu dalam keadaan aktif namun aplikasi ini tidak akan berjalan jika tidak ada aplikasi yang membutuhkanya. 
Jadi otomatis akan menyala sesuai kebutuhan dan resource yang rendah ketika tidak difungsikan.

Previous Post Next Post

Contact Form