Public Relation Agency Jakarta

Seiring dengan perkembangan jaman, dunia teknologi yang melaju begitu pesat, membuat banyak hal harus berubah dengan cepat. Jika tidak cara-cara konvensional menjadi tidak efektif. Begitu juga dengan dunia Public Relation Agency. Pemain lama dengan nama besar dapat kehilangan ceruk pasar. Kegiatan PR semakin bergeser dari dunia tradisional bertransformasi dengan sangat cepat ke era digital. Termasuk terminology kegiatan kehumasan itu sendiri. Seperti, Cyber PR, Online Reputation Management, Online Profile Management, Online Public Relation, Digital PR.

Charlie M. Sianipar, yang sering disebut sebagai Master SEO Indonesia mengatakan, “Saatnya penyedia jasa Public Relation Agency bekerjasam dengan internet marketer profesional yang memahami dengan baik SEO (Search Engine Optimization) dan Social Media Optimization.”

Pendapat tersebut sulit untuk dibantah, membuat siaran pers, diliput media, mengelola akun media social tidaklah terlalu sulit, tapi mengelola rekam jejak digital dibutuhkan keahlian tersendiri. Selain itu harus dikawal dan mendominasi halaman pencarian Google. Dilanjutkan, “Idealnya, perusahaan public relation bekerjasama dengan ahlinya, siapkan content, serahkan pada pakar SEO untuk mengelolanya dengan baik, apakah itu berupa artikel, foto maupun video”

Halaman halaman pada dunia daring tersebut harus dioptimasi, ditata dengan baik, menyuguhkan informasi yang diinginkan. Bahkan tindakan menenggelamkan citra negatif di internet mutlak diperlukan. Nama baik jauh lebih mahal daripada biaya yang harus dikeluarkan melakukan tindakah kehumasan yang tidak efektif dengan cara konvensional. Data diinternet itu cenderung abadi, sulit dihilangkan jika belum dihapus dari server penyedia informasi, termsuk tindakan bullying yang sesewaktu dapat terjadi oleh berbagai akun anonym di dunia maya.

Public Relation Agency di Jakarta yang tidak dapat mendominasi halaman pencarian Google adalah salah satu contoh konkrit. Pada industri mereka sendiri, perusahaan PR tersebut tidak mampu tampil dengan baik, bagaimana mungkin mengelola aktifitas PR Online dengan baik. Memiliki Website cantik, nama-nama team tidak lagi menjadi portfolio yang menjual. Kreatifitas dan teknik digital yang sangat dinamis mutlak diperlukan. Tidak ada istilah trial and error, salah optimasi, alih-alih kena pinalti oleh situs pencari.

Bekerjasama dengan ahlinya adalah cara terbaik, sebut saja Menara Digital, DigiCampaign, GALASEO adalah penyedia jasa Cyber PR yang mampu melakukan itu dengan sistimatis. Pengalaman kerja sebagai pelaku dan konsultan internet marketing serta pemahaman atas berbagai tools digital, memampukan mereka mudah ditemukan di internet bahkan mampu mendominasi pada industri yang ditekuni. 

Memadukan PR online dengan kehumasan tradisonal adalah cara terbaik, pengguna internet yang telah lebih dari 100 juta di Indonesia dan sangat aktif, berpotensi menyebarkan informasi negatif atau positif. Sesewaktu dapat menjadi viral hanya dalam waktu singkat. Ballcom, salah satu penggiat digital public relation mengunggah video berikut, memaparkan dengan baik kenapa Digital PR mutlak diperlukan.

Previous Post Next Post

Contact Form