Digital PR Campaign Profesional Indonesia

Digital PR Campaing


Perkembangan Internet melaju pesat setiap tahunnya. Menurut Kominfo (Kementerian Komunikasi Informatika) dari Website resmi KOMINFO bahwa Jumlah Pengguna Internet Pada tahun 2016 mencapai 82 juta orang. Internet telah menjadi kebutuhan yang utama bagi setiap orang, baik di dalam sebuah perusahaan, maupun organisasi. Dengan adanya internet, digital PR dapat melakukan kegiatannya dengan semaksimal mungkin.

Kehadiran Digital PR 2.0 Untuk Dunia Profesional

Banyak diantara kita yang belum mengetahui digital PR. Digital PR (Public Relation) campaign identik atau bisa di bilang sama dengan PR konvensional. Perbedaan nya adalah sebelum internet berkembang dengan baik, kegiatan PR dalam menyampaikan pesan, menginformasikan pesan, menyebarluaskan pesan dengan menggunakan media offline atau media cetak contohnya brosur, poster, dan lan-lain. Tetapi dengan berkembangnya teknologi informasi, internet memberikan manfaat serta menjadi perpanjangan tangan dari Digital PR. Digital PR campaign menggunakan internet untuk memberikan pesan ke seluruh khalayak atau target audiens yang dituju untuk berbagai kebutuhan mualai dari informasi bisnis, berita bisnis atau segmen sosial politik.

Kehadiran digital PR campaigns dengan mengoptimasi content di internet juga menjadi revolusi dari munculnya PR 2.0. Bentuk aplikasi dari PR 2.0 adalah berbasis internet dan yang menjadi cikal bakal lahirnya sosial media. Sosial media memberikan pengaruh yang besar untuk para perusahaan dalam mempromosikan, menyebarluaskan pesan, dan memperkenalkan produk serta jasa dengan media tersbeut. Media yang digunakan bermacam- macam yaitu Instagram, YouTube, Twitter, Facebook, Website, dan Blog.

Tidak hanya untuk sebuah perusahaan, tapi juga untuk perorangan yang dinamakan personal branding baik bagi pejabat politik, pemilik usaha, tingkat manajerial dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk menyebarluaskan konten yang kreatif dan inovatif yang mampu menggerakan masyarakat dalam bertindak setelah membaca informasi tersebut.

Dalam pemanfaatan dunia digital PR (Digital Public Relation Campaigns), ada beberapa langkah-langkah yang perlu diketahui, diantaranya :

1.    Buatlah Konten Menarik dan Up-To-Date
Dalam mengkomunikasikan sebuah pesan, konten menjadi hal yang utama dan penting. Konten menarik juga didapatkan berdasarkan data/isu/campaign yang akan diangkat, Maka dari itu menarik dan uptodate menjadi satu kesatuan. Pembaca dapat memahami dari pesan yang disampaikan dengan kata-kata yang persuasif, interaktif, dan aplikatif. Tujuan nya dapat bermacam-macam hanya untuk meningkatkan awareness, promosi, edukatif dan informatif. Konten dapat disesuaikan dengan tujuan dari pesan tersebut disebarluaskan.

2.    Memahami Karakteristik Media (Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, Blog, Website)
Seperti yang kita ketahui bahwa media memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dari segi bentuk informasi yang beraneka ragam mulai dari kata-kata, visual, suara atau bahkan perpaduan dari ketiganya. Sesuaikan dengan jelas apa yang menjadi konten dari perusahaan tersebut dan target audiens yang cocok untuk pesan tersebut disampaikan. Dalam PR 2.0 media yang digunakan lebih kepada basis internet dimana hampir seluruh media tersebut dapat memiliki perpaduan yang lengkap dalam

3.    Mencari Vendor Yang Tepat
Konten yang menarik dan pemahaman karakteristik yang tepat tidaklah cukup untuk dapat maksimal memanfaatkan digital PR secara utuh. Masih banyak aspek yang dibutuhkan untuk memperlengkapi sarana dalam mengiplementasikan kampanye digital PR. Selain internet, jasa dalam mempublikasikan dan mempromosikan pesan tersebut biasa dikenal sebagai konsultan digital PR ada juga yang dilakukan oleh perusahaan digital marketing profesional. 

Salah satu konsultan digital marketing yang sekarang telah berkembang di Jakarta adalah Menara Digital Enterprise. Digital PR adalah salah satu services yang ditawarkan oleh perusahaan ini yang sudah berdiri hampir lebih dari 3 tahun. Menara Digital hadir dengan inovasi terbaru memberikan solusi untuk sosial media dari perusahaan, usaha yang baru dikelola, personal branding, pengusaha, pejabat dan organisasi. Berkembangnya teknologi, internet dan media berperan penting untuk meningkatkan citra positif dan penjualan dari produk, jasa yang ditawarkan. Maka dari itu, Menara Digital berusaha semaksimal mungkin untuk mengedepankan dan mengutamakan produk dan jasa yang ditawarkan sehingga masyarakat dapat menemukan yang sesuai.

Berminat untuk mengembangkan sosial media bisnis di Indonesia dengan strategi Digital PR 2.0 oleh Menara Digital? Segera hubungi tim Menara Digital di +62 812-1230-6488 ataupun via email di email@menaradigital.com untuk berbincang-bincang lebih lanjut.
Previous Post Next Post

Contact Form