Cara Mengatasi Mata Bengkak Dengan Melakukan Tindakan Pencegahan

Mata merupakan bagian orang tubuh yang sangat penting, banyak sebagian dari kita yang tidak begitu memperhatikan Kesehatan mata salah satu nikmat Allah satu ini, lakukan pencegahan penyakit mata sebelum mengalaminya. Salah satunya mata bengkak. Bagi anda yang sering mengalaminya atau pernah matanya bengkak ada faktor penyebab yang menyebabkan mata bengkak berikut penjelasannya.


Penyebab Mata Bengkak


Alergi
Salah satu penyebab mata bengkak adalah adanya alergi, alergi sendiri bisa terjadi dari beberapa sebab diantaranya karena debu, kosmetik atau gigitan serangga. Masing-masing orang mempunyai dampak dari alergi yang di alaminya.

Cara mengobati mata bengkak karena alergi
  1. Setelah mengetahui penyebabnya, anda bisa mengompresnya dengan air dingin, carana cukup siapkan air dingin di baskom atau tempat sejenisnya lalu siapkan kain dan celupkan dalam air dingin, kompreskan pada bagian mata yang bengkak 5-10 menit ganti secara berulang sampai rasa perih mulai berkurang.
  2. Jika ingin mengatasinya dengan obat ada beberapa obat yang bisa anda gunakan, jenis obat antihistamin seperti benadryl, namun ada baiknya jika dan memeriksakannya ke dokter jika penanganan diatas tidak mengalami perubahan yang berarti.

Konjungtivitas
Konjungtivitas adalah terjadinya inflamasi atau peradangan pada selaput mata yang menyebabkan mata menjadi merah dan terasa perih, gejela ini biasa disebut di masyarakat dengan mata merah. Penyebabnya bisa karena virus, bakteri dan penyakit ini sifatnya menular jadi tindakan preventif lebih disarankan agar tidak menyebabkan keluarga anda.

Cara mengobati mata yang mengalami bengkak karena Konjungtivitas
  1. Jauhi penyebab alerginya, gunakan obat antihistamin, dalam proses perawatan jangan sering menggunakan handuk dan lainnya yng bisa menyebabkan penularan semakin meluas, karena selain melalui udara penularan ini melalui benda yang terjangkit virus tersebut.
  2. Rajin membersihkan mata dari lendir yang sering keluar menggunakan air bersih atau air dingin, agar infeksi yang terjadi tidak menyebar kemana-mana dan proses penyembuhan lebih cepat.
  3. Jangan sering menyentuh mata dengan tangan selama proses penyembuhan, karena kondisi tangan yang kotor akan menyebabkan mata bengkak lebih parah
  4. Jangan terlalu sering berada di tempat berdebu seperti diluar rumah atau di pinggir jalan raya, kurangi aktifitas keluar rumah selama perawatan mata dilakukan.
  5. Untuk anda yang wanita suka melakukan make up, jangan lakukan dulu untuk meminimalisir terjadinya iritasi mata dan menganggu proses penyembuhan.

Bintitan
Bintitan dimana  konsidi mata mengalami timbulnya bintil mirip dengan jerawat, yang sering terjadi di bagian dekat mata atau luar bagian mata, namun kondisi ini tidak menganggu penglihatan mata secara fungsional.

Penyebab bintitan disebabkan karena bakteri stafilokokus, bakteri ini menyerang di sekitar bagian mata yang memberikan enfek berupa bintil, bakteri ini disebabkan sering karena mengucek mata dengan kondisi tangan yang tidak steril atau kotor.

Cara pencegahan bintitan
  1. Jangan sering mengucek mata dengan tangan, jika tidak bisa dihindari biasakan mengucek mata dengan tangan yang bersih, agar tidak terjadi iritasi
  2. Jika anda sering memakai kosmetik, jangan malas untuk membersihkannya dengan segera, terutama bagian mata agar mata selalu bersih.
  3. Jika beraktifitas diluar rumah, gunakan penutup mata dan biasakan membersihkan mata dengan air bersih jika merasakan gatal atau perih, jangan langsung menguceknya dengan tangan.

Jaga kesehatan, aset yang diberikan Allah buat kita, lakukan pencegahan, jangan menunggu penyakit mata menjangkit diri anda baru melakukan tindakan semoga bermanfaat.
Previous Post Next Post

Contact Form