5 Hal Unik Yang Ada Di Negara Jepang

Setiap negara tentu punya ciri khasnya tersendiri, mulai dari budaya, adat, kebiasaan, dan hal lainnya yang unik. Jepang merupakan salah satu negara yang menjunjung nilai budaya, meski begitu Negara yang satu ini juga termasuk dalam kategori negara yang modern dan canggih. Banyak produk terutama dengan teknologi yang tinggi dapat ditemukan di negeri matahari terbit ini, termasuk juga hal unik yang menarik banyak perhatian khususnya untuk wisatawan.



Berikut ini ada 5 hal unik yang dapat kita temui saat berkunjung ke Negara Jepang, silahkan disimak.

5 Hal Unik Ketika Berkunjung Ke Jepang


Kloset Toilet Yang Dapat Bersuara
Kloset toilet bersuara tentunya bukanlah hal yang biasa yang kita temui di Indonesia, tentunya teknologi yang satu ini merupakan teknologi canggih ciptaan para ahli yang kreatif. Meski begitu, yang dimaksud bersuara disini bukanlah jenis suara yang dapat mengganggu kenyamanan kita saat mengunakan toilet.

Kloset toilet yang bersuara disini maksudnya adalah kloset yang ada di Jepang menggunakan fasilitas pelengkap dengan suara yang dapat meredam aktifitas selama di toilet. Suara yang terdapat di dalamnya sangat beragam, mulai dari suara monyet di hutan, suara kodok, sampai suara air terjun.

Masyarakat Jepang sangat menghargai privasi orang lain, oleh karenanya teknologi yang satu ini diciptakannya agar menjaga ketentraman orang ketika  sedang di toilet. Suara yang satu ini dibuat agar orang lain yang berada di sebelah tidak mendengar aktifitas toilet orang disebelahnya, begitupula sebaliknya. 

Larangan Menelpon di Transportasi Umum
Transportasi umum merupakan sebuah tempat yang banyak dinaiki oleh bera, tentugam orang, kita harus bersikap sopan saat menaiki transportasi umum ini. Di Indonesia sendiri, melakukan kegiatan komunikasi atau melakukan panggilan saat di transportasi umum adalah hal yang umum meski hal ini terkadang mengganggu orang lain yang berada di dekatnya.

Namun hal seperti ini tidak berlaku di negara Jepang, karena hampir di setiap MRT (Mass Rapid Transit) yang ada di sana memperlihatkan adanya simbol larangan untuk menggunakan ponsel untuk melakukan panggilan. Hal ini dilakukan karena menelpon ketika berada di transportasi umum dapat mengganggu orang lain yang tengah tertidur atau membaca buku.

Pelayanan Umum
Pelayanan umum yang dilakuan di Nippon, Jepang dapat dikatakan sebagai layanan terbaik yang ada dibandingkan jenis layanan lain di wilayah Asia. Pelayanan umum yang dimaksud seperti resepsionis hotel, kasir, supermarket, pemberi informasi, dan juga jenis pelayanan umum lainnya. 

Satu Sisi Eskalator
Tempat berdiri di eskalator di Indonesia sendiri tidak terlalu diperhatikan, terkadang dua orang berdiri di satu tangga yang sama. Hal ini merupakan kebiasaan yang mengganggu orang lain yang akan naik atau turun dengan lebih cepat, meski begitu tidak ada aturan mengenai hal ini.

Namun hal ini sangat berbeda dengan di Jepang, eskalator di sana hanya di tempati di sebagian sisinya saja dan sisi lain disediakan untuk orang lain yang ingin sampai lebih cepat. Hal unik yang satu ini dapat ditemukan di Osaka dan juga Tokyo. Di wilayah Osaka masyarakat naik eskalator di bagian kanan, sedangkan di Tokyo pengguna berdiri di sisi kiri.

Jarang Tempat Sampah
Banyak orang berfikir tempat sampah yang ada di kekaisaran Jepang jumlahnya banyak, karena dengan jumlah tempat sampah yang banyak tentunya akan membuat area sekitar bersih. Namun jika diperhatikan, di Jepang jarang sekali ditemukan tempat sampah yang berada di pinggir jalan ataupun di dekat stasiun MRT kadangkala membuat pengunjung wisata bingung jika tidak dapat panduan. Karena orang Jepang menganggap banyak tempat sampah akan membuat daerah sekitar menjadi bau, oleh karenanya kebanyakan orang Jepang lebih memilih menyimpan sampah di tas sebelum nantinya dibuang.

Previous Post Next Post

Contact Form