4 Peluang usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Banyak sekali ibu rumah tangga yang ingin  membantu keuangan rumah dengan bekerja, namun mayoritas mereka kesulitan mencari pekerjaan yang tidak mengganggu aktifitas utamanya yaitu merawat anak, suami dan rumahnya. Berikut akan kita bahas beberapa alternatif usaha sampingan yang bisa di dijadikan bisnis penghasil uang tanpa mengganggu aktifitas sebagai seorang ibu.



Beberapa usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga


Membuat bingkisan 
Bingkisan bisa beraneka ragam jenisnya, seperti untuk hantaran pernikahan, untuk parcel di momen lebaran atau bisa untuk bingkisan kue dan masih banyak lainnya. Untuk memulai usaha bingkisan ini, anda bisa bantu atau tawarkan tetangga atau saudara yang sedang ada acara hajatan atau perayaan momen bahagia.

Dengan modal yang murah, wadah yang siap pakai bisa dibeli di toko aksesoris dan plastik bening yang biasa untuk membungkusnya. Tinggal kreasikan dengan hiasan, nah untuk satu ini kreatifitas anda sangat berperan. Untuk para ibu pastinya hal ini tidak begitu sulit dan menyita waktu. Dapat dikerjakan ketika ada job saja.

Kue kering lebaran
Mengapa kue kering lebaran? Banyak jenis usaha kue kering yang membludak usahanya pada saat momen idul fitri yang dirayakan seluruh umat islam didunia, terutama di Indonesia. Usaha kue kering ini mudah dan banyak peminatnya.

Dengan tradisinya silahturahmi yang sangat kuat, potensi jajan kue kering sangat bagus dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Modal juga murah, misal modal awal oven, cetakan kue dan bahan-bahan kue kering yang dibutuhkan. Estimasi modal mulai 500rb anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Kreasi rajutan atau menjahit
Untuk jenis kerajinan tangan satu ini butuh skill khusus yaitu merajut atau menjahit atau sejenisnya, untuk ketelatenan sangat dibutuhkan, dan dirasa ibu rumah tangga sangat terbiasa untuk telaten karena terbiasa mengurus sejuta keperluan dirumahnya.

Beberapa jenis rajutan yang bisa di poakau untuk usaha seperti, tas rajut, topi rajut atau bisa jenis tenun yang menjadi khas di daerah masing-masing. Untuk  jenis usaha menjahit lebih kompleks lagi, seperti usaha jilbab, pakaian anak-anak atau kaos oblong biasanya yang digunakan para bapak-bapak untuk kesehariannya.

Warung sederhana
Untuk jenis usaja kuliner jelas tidak ada matinya selama kebutuhan makan masih dibutuhkan, usaha ini sangat cocok untuk para ibu karena memasak sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Untuk anda yang ingin memulai usaha di bidang kuliner bisa memilih menyesuaikan kesibukan aktifitas anda.

Jika ibu termasuk yang sibuk dan hanya untuk sampingan, bisa membuka katering untuk anak kost sekitar rumah anda, pesanan yang tidak setiap hari dan waktu bisa lebih fleksible. Untuk yang memiliki waktu lebih luas. Bisa membuka warung di pinggir jalan dengan menyuguhkan berbagai menu andalan saja. Tidak perlu terlalu banyak menu yang disajikan untuk efisiensi waktu yang anda miliki dan tetap bisa exsis di rumah untuk keperluan lainnya.

Misal bakso, mie ayam atau pecel lele. Hanya 1 jenis masakan atau menu yang populer saja untuk daerah anda masing-masing. Untuk modal yang diperlukan tidak begitu besar, tergantung apa yang akan disajikan di warung, estimasi modal awal mulai 1-3 juta Insya Allah ibu sudah bisa memulai buka usaha warungnya.

Semoga empat peluang usaha sampingan untuk ibu rumah tanga yang sangat mudah dijalankan dengan modal minim diatas, bisa menginspirasi ibu yang sedang bingung untuk memulai bisnis sampingan untuk membantu suaminya. Sesuaikan dengan kemampuan dan budget yang akan digunakan agar tidak menjadi beban suami dan tetap bisa mengerjakan pekerjaanya sebagai ibu rumah tangga dengan baik.

Previous Post Next Post

Contact Form