Wisata Pendakian Gunung Penanjakan

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sudah lama jadi surganya sunrise juga keindahan alam lain di area pegunungan dingin ini. Sebut saja keindahan Segara Wedi, Gunung Batok, Blok Savanah Bromo dan Gunung Bromo itu sendiri. Salah satu tempat untuk menikmati golden sunrise di bromo adalah di puncak gunung penanjakan. Anda bisa ikut dalam wisata pendakian Gunung Penanjakan untuk menyaksikan sendiri sunrise bromo dari sudut yang berbeda.

Wisata pendakian Gunung Penanjakan ini sama asyiknya dengan spot utama untuk melihat sunrise di Bromo. Bedanya, Anda diajak untuk mendaki dan menikmati keindahan area gunung bromo dari tempat yang lebih tinggi dan lebih sunyi. Suasana pun lebih sepi karenanya Anda bisa lebih leluasa menikmati sunrise tanpa gangguan. Untuk paket wisata Bromo ini, Anda bisa mengunjungi situs Indowalk untuk informasi dan reservasi lebih lanjut.

Perjalanan Menuju Gunung Penanjakan


Pendakian gunung penanjakan dimulai dari pos Jemplang dan membayar Rp. 2,000 untuk tiket di loket masuk TNBTS. Dari sini perjalanan di lanjutkan ke Gunung Bromo. Pemandangan di Jemplang ini juga indah, Anda bisa menikmati pemandangan bukit Telettubies dari kejauhan. Bukit Teletubies  adalah hamparan savanah luas di kaki gunung tepat di samping  area Gunung Bromo.

Perjalanan dari Jemplang ke gunung Bromo tidak akan terasa membosankan karena pemandangan sepanjang jalan sangat indah dengan latar kehijauan bukit Telettubies ini. Saat tiba di Segara Wedi (Lautan Pasir) Bromo, Anda sebaiknya agak berhati hati. Pasalnya roda kendaraan mudah selip di sini. 

Lautan pasir ini adalah pasir vulkanik sisa dari erupsi gunung Bromo selama bertahun tahun. Di tengah Segara Wedi ada sebuah batu yang disebut sebagai Batu Singa. Dari kejauhan juga Nampak Pura Poten, pura yang berdiri tepat di kaki gunung Bromo dan merupakan pusat Upacara Kasada yang biasa digelar pada bulan Juli. Anda juga bisa menyaksikan keindahan gunung Batok yang berdiri kokoh di samping Gunung Bromo.

Aktivitas Mendaki Gunung Penanjakan

Anda akan sampai di kaki gunung Penanjakan. Untuk mendaki ke atas bisa menggunakan motor karena jalannya cukup lebar. Selain itu kemiringan tanjakan hanya sekitar 60 derajat saja. Gunung Penanjakan sendiri memiliki tinggi 2770 mdpl. Pada puncak tertingginyalah, Anda bisa menyaksikan sunrise juga Sunset menakjubkan dengan latar Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru.

Ada tempat penitipan motor di area puncak Gunung Penanjakan jadi Anda tidak perlu khawatir soal keamanan. Jika ingin melihat sunrise, sebaiknya menginap semalam di sini dengan cara camping. Jangan khawatir, Anda tidak akan sendirian. Di sini lumayan ramai tetapi tidak seramai di bawah. Dirikan tenda dan tunggulah waktu sunrise keesokan harinya.

Spot puncak Penanjakan tidak banyak dilirik oleh wisatawan karena medannya yang tidak terlalu bersahabat. Meski pada kenyataanya, mendaki ke puncak Penanjakan tidaklah terlalu sulit. Pasalnya jalan ke atas sudah lumayan bagus dan lebar. Bagi Anda yang menyukai sedikit adventure, wisata pendakian Gunung Penanjakan bisa menjadi pertimbangan. Lagipula Anda mendapatkan lebih, tidak hanya sekedar sunrise di Gunung Bromo saja.


Wisata Bromo
Sumber foto: fotografer.net

Previous Post Next Post

Contact Form